CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 19 Mei 2013

Peran Fungsi Bidan


HAND OUT


Nama Mata Kuliah   :  Konsep Kebidanan
Kode Mata Kuliah    :  Bd. 401
Pokok Bahasan         :  Peran fungsi bidan                                                                       
Dosen                         :  
Pertemuan ke            :
Waktu Pertemuan     :

Objek Perilaku Siswa (OPS)            :
Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan peran fungsi bidan

Referensi  :
  1. Mustika, Sofyan. 2004. Bidan Menyonsong Masa Depan. PP IBI, Ja.karta
  2. Soemardejan, Selo dan Reksoprodio, Muki, Profesi Bidan Sebuah Perjalanan Karir
  3. Wahyuningsih, H.P, 2005, Etika Profesi Kebidanan, Fitramaya, Yogyakarta.

Uraian materi
PERAN FUNGSI BIDAN
A.  Peran Bidan
1.      Peran sebagai pelaksana
a.      Tugas mandiri
1)      Menetapkan manajemen kebidanan pada setiap asuhan kebidanan yang diberikan
a)      Mengkaji status kesehatan untuk memenuhi kebutuhan asuhan klien
b)      Menentukan diagnosa
c)      Menyusun rencana tindakan sesuai dengan masalah yang dihadapi
d)     Melaksanakan tindakan sesuai dengan rencana yang telah disusun
e)      Mengevaluasi tindakan yang telah diberikan
f)       Membuat rencana tindak lanjut kegiatan/tindakan
g)      Membuat catatan dan laporan kegiatan/tindakan

2)      Memberikan pelayanan dasar pada anak, remaja dan wanita pranikah dengan melibatkan klien
a)      Mengkaji status kesehatan dan kebutuhan anak remaja dan wanita dalam masa para nikah
b)      Menentukan diagnosa dan kebutuhan pelayanan dasar
c)      Menyusun rencana tindakan/layanan sebagai prioritas dasar bersama klien
d)     Melaksanakan tindakan sesuai dengan rencana yang telah disusun
e)      Mengevaluasi tindakan yang telah diberikan
f)       Membuat rencana tindak lanjut kegiatan/tindakan
g)      Membuat catatan dan pelaporan asuhan kebidanan

3)      Memberikan asuhan kebidanan pada klien selama kehamilan normal
a)      Mengkaji status kesehatan klien yang dalam keadaan hamil
b)      Menentukan diagnosa kebidanan dan kebutuhan kesehatan klien
c)      Menyusun rencana asuhan kebidanan bersama klien sesuai dengan prioritas masalah
d)     Melaksanakan asuhan kebidanan  sesuai dengan rencana yang telah disusun
e)      Mengevaluasi hasil asuhan  yang telah diberikan bersama klien
f)       Membuat rencana tindak lanjut asuhan kebidanan bersama klien
g)      Membuat catatan dan laporan  asuhan kebidanan yang telah diberikan

4)      Memberikan asuhan kebidanan pada klien dalam masa persalinan dengan melibatkan klien dan keluarga
a)      Mengkaji status kesehatan klien yang dalam masa persalinan
b)      Menentukan diagnosa kebidanan dan kebutuhan asuhan kebidanan dalam masa persalinan
c)      Menyusun rencana asuhan kebidanan bersama klien sesuai dengan prioritas masalah
d)     Melaksanakan asuhan kebidanan  sesuai dengan rencana yang telah disusun
e)      Mengevaluasi hasil asuhan  yang telah diberikan bersama klien
f)       Membuat rencana tindak lanjut asuhan kebidanan bersama klien
g)      Membuat asuhan kebidanan
5)      Memberikan asuhan kebidanan pada BBL
a)      Mengkaji status kesehatan bayi baru lahir dengan melibatkan keluarga
b)      Menentukan diagnosa kebidanan dan kebutuhan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir
c)      Menyusun rencana asuhan kebidanan sesuai dengan prioritas masalah
d)     Melaksanakan asuhan kebidanan  sesuai dengan rencana yang telah disusun
e)      Mengevaluasi hasil asuhan  yang telah diberikan
f)       Membuat rencana tindak lanjut
g)      Membuat  rencana pencatatan dan laporan asuhan yang telah diberikan

6)      Memberikan asuhan kebidanan pada klien dalam masa nifas dengan melibatkan klien dan keluarga.
a)      Mengkaji kebutuhan asuhan kebidanan pada ibu nifas
b)      Menentukan diagnosa kebidanan dan kebutuhan asuhan kebidanan pada masa nifas
c)      Menyusun rencana asuhan kebidanan sesuai dengan prioritas masalah
d)     Melaksanakan asuhan kebidanan  sesuai dengan rencana yang telah disusun
e)      Mengevaluasi hasil asuhan  yang telah diberikan
f)       Membuat rencana tindak lanjut asuhan kebidanan yang telah diberikan
g)      Membuat  rencana pencatatan dan laporan asuhan yang telah diberikan

7)      Memberikan asuhan kebidanan pada wanita usia subur yang membutuhkan pelayanan KB
a)      Mengkaji kebutuhan pelayanan keluarga berencana pada PUS/WUS
b)      Menentukan diagnosa dan kebutuhan pelayanan
c)      Menyusun rencana pelayanan KB  sesuai prioritas masalah bersama klien
d)     Melaksanakan asuhan  sesuai dengan rencana yang telah disusun
e)      Mengevaluasi asuhan kebidanan  yang telah diberikan
f)       Membuat rencana tindak lanjut pelayanan bersama klien
g)      Membuat  rencana pencatatan dan laporan

8)      Memberikan asuhan kebidanan pada wanita dengan gangguan sistem reproduksi dan wanita dalam masa klimakterium dan menopause
a)      Mengkaji status kesehatan dan kebutuhan asuhan klien
b)      Menentukan diagnosa, prognosa, prioritas dan kebutuhan asuhan
c)      Menyusun rencana asuhan sesuai prioritas masalah bersama klien
d)     Melaksanakan asuhan kebidanan  sesuai dengan rencana yang telah disusun
e)      Mengevaluasi bersama klien hasil asuhan  yang telah diberikan
f)       Membuat rencana tindak lanjut bersama klien
g)      Membuat pencatatan dan pelaporan asuhan

9)      Memberikan asuhan kebidanan pada bayi balita dengan melibatkan keluarga
a)       Mengkaji kebutuhan asuhan kebidanan sesuai dengan tumbuh kembang bayi/balita
b)      Menentukan diagnosa dan prioritas masalah
c)      Menyusun rencana asuhan sesuai dengan rencana
d)     Melaksanakan asuhan kebidanan  sesuai dengan rencana yang telah disusun
e)      Mengevaluasi hasil asuhan  yang telah diberikan
f)       Membuat rencana tindak lanjut asuhan kebidanan yang telah diberikan
g)      Membuat  rencana pencatatan dan laporan asuhan yang telah diberikan

b.      Tugas Kolaborasi atau kerjasama
1)      Menerapkan manajemen kebidanan pada setiap asuhan kebidanan sesuai fungsi kolaborasi dengan melibatkan klien dan keluarga
2)      Memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan resiko tinggi dan pertolongan pertama pada kegawatan yang memerlukan tindakan kolaborasi
3)      Memberikan asuhan kebidanan pada ibu dalam masa persalinan dengan resiko tinggi dan keadaan kegawatan yang memerlukan pertolongan pertama dengan tindakan kolaborasi dengan melibatkan klien dan keluarga
4)      Memberikan asuhan kebidana pada ibu dalam masa nifas dengan resiko tinggi dan pertolongan pertama dalam keadaan kegawat daruratan yang memerlukan tindakan kolaborasi dengan klien dan keluarga.
5)      Memberikan asuhan kebidanan pada BBL dengan resiko tinggi dan yang mengalami komplikasi serta kegawatdaruratan yang memerlukan pertolongan pertama dengan tindakan kolaborasi dengan melibatkan klien dan keluarga
6)      Memberikan asuhan kebidanan kepada balita dengan resiko tinggi dan mengalami komplilkasi serta kegawatdaruratan yang memerlukan tindakan kolaborasi dengan melibatkan keluarga.

c.       Tugas ketergantungan atau rujukan
1)      Menerapkan manajemen kebidanan pada setiap asuhan kebidanan sesuai dengan fungsi keterlibatan klien dan keluarga
2)      Memberikan asuhan kebidanan melalui konsultasi dan rujukan pada ibu hamil dengan resiko tinggi dan kegawat daruratan.
3)      Memberikan asuhan kebidanan melalui konsultasi dan rujukan pada  masa persalinan dengan penyulit tertentu dengan kegawatdaruratan dengan melibatkan klien dan keluarga
4)      Memberikan asuhan kebidanan melalui konsultasi dan rujukan pada ibu dalam masa nifas dengan penyulit tertentu dengan kegawatdaruratan dengan melibatkan klien dan keluarga
5)      Memberikan asuhan kebidanan pada BBL dengan kelainan tertentu dan kegawatdaruratan yang memerlukan konsultasi dan rujukan  dengan melibatkan keluarga
6)      Memberikan asuhan kebidanan pada anak balita dengan kelainan tertentu dan kegawatan yang memerluakan konsultasi dan rujukan dengan melibatkan keluarga dan klin

2.      Peran sebagai pengelola
a.        Mengembangakan pelayanan dasar kesehatan terutama pelayanan kebidanan untuk individu, keluarga, kelompok khusus dan mesyarakat di wilayah kerja dengan melibatkan masyarakat dan klien.
b.       Berpartisipasi dalam melaksanakan program kesehatan dan sektor lain di wilayah kerjanya melalui peningkatan kemampuan dukun bayi, kader kesehatan, dan tenaga kesehatan lain yang berada di bawah bimbingan dalam wilayah kerjanya.

3.      Peran sebagai pendidik
a.       Memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat tentang penanggulangan masalah kesehatan khususnya yang berhubungan dengan pihak terkait kesehatan ibu anak dan KB
b.      Melatih dan memilih kader termasuk siswa bidan dan keperawatan serta membina dukun di wilayah atau tampat kerjanya

4.      Peran sebagai peneliti dan investigator
Melakukan investigasi atau penelitian terapan dalam bidang kesehatan baik secara mandiri maupun secara kelompok


B. Fungsi bidan
1.      Fungsi pelaksana
  1. Melakukan bimbingan dan penyuluhan kepada individu dan keluarga masyarakat dan remaja masa pra perkawinan.
  2. Memberikan asuhan kebinanan pada ibu hamil normal, hamil dengan kasus patologis tertentu.
  3. Menolong persalinan normal dan khusus patologis tertentu.
  4. Merawat bayi segera setelah lahir normal dan bayi beresiko tinggi
  5. Melakukan asuhan kebidanan pada ibu nifas
  6. Memelihara kesehatan ibu dalam masa kesehatan menyusui
  7. Melakukan pelayanan KB sesuai dengan wewenangnya
  8. Melakukan pelayanan kesehatan pada anak balita dan pra sekolah
  9. Memberikan bimbingan dan pelayanan kesehatan terhadap gangguan sistem reproduksi termasuk wanita pada masa klimakterium internal, menopause sesuai dengan wewenangnya




2.         Fungsi pengelola
  1. Mengembangkan konsep kegiatan pelayanan kebidanan bagi individu, keluarga, dan kelompok masyarakat sesuai dengan kondisi, kebutuhan masyarakat setempat yang didukung oleh partisipasi masyarakat
  2. Menyusun rencana pelaksanaan pelayanan kebidanan di lingkungan unit kerjanya.
  3. Mengkoordinasikan kegiatan pelayanan kebidanan yang dipimpin oleh bidan
  4. Melakukan kerjasama dan komunikasi inter dan antar sector dalam kaitannya dengan pelayanan kebidanan
  5. Mengevaluasi hasil kegiatan tim atau unit pelayanan kebidanan yang dipimpin oleh bidan

3.      Fungsi pendidik
  1. Memberikan penyuluhan kepada individu, keluarga dan kelompok mesyarakat dalam kaitan pelayanan kebidanan di ruang lingkup kesehatan
  2. Membimbing dan melatih dukun dan kader kesehatan sesuai dengan bidang tanggung jawab bidan
  3. Memberikan bimbingan kepada para peserta didik bidan dalam kegiatan praktek di klinik dan masyarakat.
  4. Mendidik peserta didik bidan dan tenaga kesehatan lainnya sesuai dengan bidang keahliannya

4. Fungsi peneliti
  1. Malakukan evaluasi, pengkajian, survey, dan penelitian yang dilakukan sendiri atau bersama dalam ruang lingkup pelayanan kebidanan.
  2. Melakukan penelitian kesehatan keluarga dan KB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar