CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 19 Mei 2013

KBI DAN KBE


URAIAN MATERI
KOMPRESI BIMANUAL

            Kompresi bimanual dilakukan jika terjadi atonia uteri pasca persalinan. Dalam kasus ini uterus tidak berkontraksi dengan penatalaksanaan aktif kala III dalam waktu 15 detik setelah plasenta lahir.

PRINSIP PELAKSANAAN KOMPRESI BIMANUAL :
1.      Kaji ulang indikasi
2.      Kaji ulang prinsip prinsip dasar keperawatan
3.      Berikan dukungan emosional
4.      Cegah infeksi sebelum tindakan
5.      Kosongkan kandung kemih
6.      Pastikan perdarahan karena atonia uteri
7.      Pastikan placenta lahir lengkap

TINDAKAN KOMPRESI BIMANUAL ADA 2 :
1.      Kompresi bimanual internal
2.      Kompresi bimanual eksternal



KOMPRESI BIMANUAL INTERNAL
·         Pakai sarung tangan steril, dengan lembut masukkan tangan secara obstetrik (menyatukan kelima ujung jari) melalui introitus vagina.
·         Periksan vagina dan serviks, jika ada selaput ketuban atau bekuan darah pada kavum uteri mungkin hal ini menyebabkan uterus tak dapat berkontraksi secara penuh.
·         Kepalkan tangan dalam dan tempatkan pada forniks anterior, tekan dinding anterior uterus kearah tangan luar yang menahan dan yang mendorong dinding posterior uterus ke arah depan sehingga uterus ditekan dari arah depan dan belakang, upayakan tangan luar mencakup bagian belakang corpus uteri sebanyak mungkin.
·         Tekan kuat uterus diantara kedua tangan, kompresi uterus ini memberikan tekanan langsung pada pembuluh darah yang terbuka (bekas implantasi placenta) didinding uterus dan juga merangsang miometrium untuk berkontraksi
·         Jika uterus mulai berkontraksi, perdarahan berkurang :
-          Pertahankan posisi tersebut selama 2 menit kemudian perlahan-lahan keluarkan tangan dan pantau ibu secara mendekat selama kala IV
-          Jika uterus berkontraksi tetapi perdarahan masih berlangsung, periksa ulang perineum, vagina, serviks, apakah terjadi lacerasi.
·         Jika uterus tidak berkontraksi dalam waktu 5 menit ajarkan keluarga untuk melakukan kompresi bimanual eksternal, sementara lakukan langkah selanjutnya.

KOMPRESI BIMANUAL EKSTERNAL
·         Letakkan satu tangan pada dinding abdomen dan dinding depan corpus uteri dan diatas simpisis pubis.
·         Letakkan tangan lain pada dinding abdomen dan dinding depan corpus uteri sejajar dengan dinding depan corpus uteri, usahakan untuk mencakupkan/memegang bagian belakang uterus seluas mungkin.
·         Lakukan kompresi uterus dengan cara saling mendekatkan tangan depan dan tangan belakang agar pembuluh darah didalam anyaman miometrium dapat dijepit secara manual, cara ini dapat menjepit pembuluh darah uterus dan membantu uterus untuk berkontraksi.